Ada yang menarik ini kawan, jikalau kemarin kita tahu dalam pemberitaan media ataupun dalam blogsphere kalau dalam penjualan Honda semakin di depan. Sekarang ada fakta yang HRM temukan setelah mengamati dan menganalisa rapor ke dua ATPM raksasa di Indonesia, yup siapa lagi kalau bukan seteru lama antara Honda dan Yamaha. Tentunya sebagian pembaca semua pernah mendengar istilah sebagai berikut “Win the war, but lose in battle”. Perumpamaan tersebut mungkin tepat menggambarkan posisi Honda saat ini. Bagaimanapun kita mengakui kalau Honda memang memenangkan perang penjualan dengan Yamaha di tahun 2011 ini. Namun yang perlu diingat adalah fakta yang berbicara di lapangan Honda kalah pertempuran dengan Yamaha. Lho kok bisa??
Jawabannya mudah kawan, secara data yang berbicara disini. Secara head to head Honda dengan BeAT belum mampu mendominasi penjualan matik seluruhnya. Matik terlaris masih di dominasi Mio di peringkat pertama penjualan motor matik 2011 di Indonesia. BeAT belum mampu membungkan bahkan membunuh Mio secara langsung, terbukti dengan perolehan penjualan BeAT yang hanya mengantongi 1.033.928 unit. Sedangkan Mio masih melesat di depan terpaut 300.00an unit lebih tepatnya Mio mengantongi angka penjualan sebesar 1.323.229 unit dalam tahun 2011. Memang kalau HRM analisa lebih jauh, sejauh ini Honda memenangkan perangnya dengan Yamaha berkat strategi jitunya yaitu memperbanyak varian yang ditawarkan. Sejauh ini memang hanya Honda yang memiliki banyak varian.
Tampaknya langkah ini memang tepat diambil oleh Honda, mungkin Honda sendiri juga sudah mengetahui bahwa tak mudah mengalahkan Yamaha dalam pertempuran head to head. Dalam kasus ini baru 1 punggawa Honda yang berhasil memenangkan pertempuran Head to head dengan Yamaha. Yaitu Honda New Blade yang mampu membungkam langkah New Jupiter Z sampai saat ini. Sebagai catatan pertarungan ini dimenangkan New Blade semenjak lahir bukan secara total penjualan 2011, kalau secara total penjualan 2011 Honda Old Blade juga masuk hitungan. Di segmen motor sport pun juga berlaku demikian, Yamaha Vixion masih menjadi “Raja” motor sport di tahun 2011. Para punggawa Honda masih belum mampu menumbangkan sang Raja. Tercatat dalam 2011 Vixion mampu meraih angka penjualan yang fantastis yaitu sebesar 242.887 unit. Well, bagaimana kalau di tahun 2012 nanti? Akankah Honda lebih mendominasi dengan memenangkan perang sekaligus pertempuran. Yang pasti Yamaha pun tak akan tinggal diam begitu saja. Time will tell lha, monggo bagaimana kalau menurut panjengan semuanya?
Data 10 motor terlaris 2011 versi otomotifnet
1.Yamaha Mio Sporty : 1.323.229
2.Honda BeAT : 1.033.928
3.Honda Absolute Revo : 759.546
4.Honda Vario Techno : 632.788
5.Honda Supra X 125 : 582.797
6.Yamaha Vega ZR : 523.652
7.Yamaha Jupiter Z : 341.493
8.Yamaha Mio Soul : 338.258
9.Yamaha Jupiter MX : 310.098
10.Honda Blade 110R : 273.624
bersatu kita teguh, satu satu kita runtuh,,ksihan honda
pertamax7.wordpress.com/2012/01/10/racun-yamaha-byson-stop-lamp-di-buntut-yamaha-byson/
disinyalir jombliz online pake Opmin iki
liat aja harga jual motor skrng sob?
lebih tinggi honda apa yamaha.
orang juga tau honda yang harga jualnya lebih tinggi di bandingkan sama yamaha.
pake ilmu ekonomi sob:makin besar suatu permintaan semakin tinggi harganya.
Memang Handal
wow
Tenang aja, jangan ngikut2 ngeluarin produk baru.
nanti juga KO sendiri
Hanya bebek yg kalah.
Matic+sport jozz
+Parah
Kalau sport yamaha gak ada lawan,bisa2 vixi gak jadi di kasih baju nih
setuju bro…di anjlokin aja… 😀 he..he
wkwkwkwkwk
dikuartal terakhir bln 9 10 11 dan 12
beat memimpin jauh di banding mio.
artinya beat akan melenggang jauh mulai januari ini dst.
blade jg secara akumulasi kalah, tp dr kuartal terakhir menang telak.
sinyal bahaya buat yamaha di mulai thun 2012
benar sekali mas, yamaha harus mulai bersiap klo tak mau terseok² di tahun depan…
dikuartal terakhir bln 9 10 11 dan 12
beat memimpin jauh di banding mio.
artinya beat akan melenggang jauh mulai januari ini dst.
blade jg secara akumulasi kalah, tp dr kuartal terakhir menang telak.
sinyal bahaya buat yamaha di mulai thun 2012.
yamaha harus siap2
nggeh pak bambang…
Bukannya beberapa bulan terakhir beat udah bisa memukul mundur bro?
Dan ane ngelihat trend ini akan terus berjalan…
betul sekali mas…
bosen …
liat artikel hasil penjualan mulu…..(ini sih buat pabrikan aja..ga penting buat konsumen)
” terlalu banyak varian baru juga akan menjadi bumerang bagi internalnya, misal ya apakah bisa diimbangi dengan ketersedian spare part? ”
terlihat honda lebih mengutamakan faktor penjualan dibanding after sales yg justru lebih penting, misal stok spare part, faktor ini justru lbh penting
kasian banyak konsumen yang cuman beli merk doank, tp mau cari spare part semisal dari nmp aja susahnya minta ampun
so, konsumen harus lebih cerdas dalam memilih
jangan termakan merk
jangan termakan data penjualan
itu semua bukan urusan konsumen!
konsumen harusnya cukup tau : beli terjangkau, nyaman dipake, spare part gampang, perawatan mudah, endingnya pun seneng pny motor bagus
kalo mau, bikin motor nasional sendiri
kenapa kalo motor nasional dulu ga booming dibanding mobil esemka yg lg heeboooh
padahal, motor jelas2 lebih bisa diserap seluruh rakyat dibanding mobil !
intinya : konsumen jangan terlalu sering (dan jangan mau) dibodohi dengan data penjualan otomotif
sory ane cuman konsumen biasa!
ya wajib lha bagi konsumen tentang produk yang akan dibelinya, gak harus semata² terpancing produk laris saja, intinya disini saya cuma mencoba berbicara fakta saja… 🙂
ini mio cw dan sw digabung, vs beat cw ditambah sw? di blog mbah edo, mio cw saja vd beat cw saja jaraknya cuma 2 ribu.. 1018 ribu vs 1016 ribu unit..
memang akumulasi kok ini bro…
maklum bro soale rada condong ke …. jd ya mleset2 gt dah
Hayoooo siapa yang beraninya keroyokan 😀
http://myskywave.wordpress.com/2012/01/12/honda-vario-125i-strategi-honda-menghadang-laju-kompetitor/
Coba kalo para karyawan pintar dari honda yamaha bersatu,,bisa bikin motor buatan indonesia asli…mantap…
honda perlu jurus baru..
http://learningfromlives.wordpress.com/2012/01/16/gaya-bermotor-yang-tidak-lazim-alay/
bukti betapa s*r*k*hnya honda… andai metiknya si Y dulu ga moncer mungkin belum ada cerita beat vario & antek2nya. andai si ninja 250 ga laku mngkin cbr 250 jg belum di tongolin di indo..
Semua aja mas angka2 produk honda yang segambreng di tampilkan…tetap aja ahm nggak bisa seprti yimm yang mampu menjual mio secara fantastis 7 juta unit