Bermula dari memproduksi Pesawat tempur dan angkut yang sangat terkenal diera Perang Dunia. Heinkel perusahaan pembuat pesawat terbang asal jerman yang didirikan pada tahun 1922 di Warnemünde. Namun sayang setelah perand dunia usai, Heinkel dilarang membuat pesawat lagi. Setelah itu Heinkel akhirnya berhenti memproduksi pesawat dan beralih memproduksi motor, skuter, dan mobil. Salah satu produk Heinkel yang paling di ingat sepanjang jaman adalah Heinkel tourist, skuter lansiran Heinkel era tahun 1953 sampai dengan 1965.


Heinkel Tourist sendiri diproduksi dan dijual untuk kelas premium, harganya sendiri jauh lebih mahal daripada Vespa atau Lambretta, dan umumnya lebih berat, lebih nyaman, dan lebih stabil. Sampai media Inggris kalah itu menjuluki skuter ini sebagai Rolls-Royce-nya skuter. Tourist memiliki kerangka baja tubular yang disatukan dengan  panel bodi berbahan baja. Mesin Tourist pun layaknya skuter² lainnya. namun yang unik disini mesin skuter ini sudah mengadopsi mesin 4 tak 150cc. Woww edan, ternyata jaman segini sudah ada skuter bermesin 4 tak.

Kalau kita melihat bodi nih skuter, kita pasti teringat dengan kendaraan roda 3 yang pernah populer di negeri kita. Apalagi kalau bukan bemo, iya kan? Dengan desain spakbor yang terlihat tonggos, layaknya skuter ini bersaudara dekat dengan bemo :mrgreen:. .. Hmmm, mungkin bagi anda skuter mania Heinkel Tourist ini bisa dijadikan referensi…

Iklan