Melanjutkan artikel HRM sebelumnya tentang masih belum perlunya mendatangkan R15 ke tanah air. Memang menarik sekali setelah ada konfirmasi dari pak Eko Deby upss Eko Prabowo, GM Promotion and Motorsport, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia tentang tak akan masukknya R15 kemari dalam 5 tahun ke depan. Memang sudah pasti logis kok, kenapa YMKI memutuskan seperti itu. Walaupun sebenarnya HRM sendiri masih menyangsikan pernyataan pak eko di atas. Yang pasti R15 memang bukan hal yang urgent untuk segera ditindak lanjuti untuk dipasarkan disini.

Oke mari kita analisa lagi kawan, pastinya ada dua hal logis mengapa YMKI menganggap R15 tidak terlalui penting. Yang pertama, coba kalau kita lihat sumber daya YMKI di sini. Dengan 3 punggawa motor sport yang dimilikinya sekarang, Yamaha masih pede kok untuk tetap menguasai pasar motor sport. Vixion, tak usah dibahas lebih panjang lagi bagaimanapun dia masih menjabat sebagai raja sport dan berada di puncak teratas penjualan motor sport tanah air. Nah, yang perlu kita explore nih sebenarnya adalah si bungsu Byson. Harusnya Byson ini memiliki potensi yang hampir bisa disamakan dengan sang kakak Vixion.

Walaupun kita tahu sebelumnya, di awal kelahiran Byson yang menyisakan problem indent yang “menahun” :mrgreen: . Coba kalau masalah ini dibenahi terlebih dahulu, dengan menambah kapasitas produksi untuk Byson, dipastikan akan bisa membantu mendongkrak penjualan kalau tak ada permasalahan indent menahun.Terus juga yang perlu di ingat, Byson memang baru lahir jadi perlu di ingat lagi Byson belum sekalipun mengalami facelift. Jadi daripada YMKI repot² dengan menghadirkan R15 kesini, apa tidak lebih baik untuk mengeksplore Byson ini. Memolesnya hinga bisa berhasil dan sukses seperti kakaknya, bagaimanapun Byson memiliki potensi.

gambar pinjem ridertua

Masuk ke alasan logis yang kedua, jika R15 dihadirkan kemari mau diposisikan dimana? Ditaruh diharga berapa? Jika ditaruh harga yang murah juga tak mungkin, karena bisa membunuh saudara sendiri si Vixion. Mau bunuh Vixion pun juga tak mungkin, secara Vixion masih jadi lumbung emas buat Yamaha. Diposisikan ke motor premium dan head to head dengan CBR 150 pun juga tak mungkin, bagaimanapun mereka berbeda kelas jadi juga tak bisa disama ratakan. Kalau mau bikin motor premiun ya sekalian saja lha masukin yang 250cc daripada cuma R15. Yang pasti menurut HRM, bagi YMKI sekarang positioning R15 itu sulit mas bro. Bagai makan buah simalakama, kemurahan bisa bunuh saudara sendiri, kalau kemahalan bisa tak laku. Dan dari kedua hal logis di atas itulah, yang mungkin mendasari YMKI untuk tak mendatangkan R15 dalam waktu dekat. Walaupun juga belum berarti benar kalau R15 akan hadir 5 tahun mendatang.  Jadi, memang R15 tidak terlalu penting kok…. 🙂 bagaimana kalau menurut panjengan semuanya…. ???

Iklan