Tak terasa bulan puasa sudah akan berakhir, terhitung lebih kurang 7 hari lagi sudah lebaran. Asekkk :mrgreen: . Seperti sudah menjadi tradisi oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman merayakan lebaran bersama sanak famili. Pasti anda tentunya juga akan melakukan tradisi yang satu ini toh? Mudik sendiri pun ada berbagai cara, mulai menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, bahkan pesawat terbang. Namun juga tidak sedikit pula yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Untuk anda pemudik yang menggunakan motor sudahkah anda mempersiapkan kendaraan dan fisik anda?

Berikut adalah sedikit tips dari HRM bagi anda yang akan mudik ke kampung halaman:

1. Persiapkan motor anda terlebih dahulu, periksa terlebih dahulu keadaan motor anda. Layak kah, untuk digunakan sebagai transportasi mudik? Cek kondisi bagian per bagian motor, seperti ban sudah gundul atau tidak, kanvas rem dan lain sebagainya. Tak ada salahnya untuk mengganti spare part yang sudah tidak bagus kondisinya dengan yang baru. Servis motor, dan ganti oli terlebih dahulu juga diperlukan, daripada nanti mogok di jalan.

2. Persiapkan pula kondisi fisik anda sebelumnya, jangan dipaksakan berkendara dalam kondisi tubuh yang kurang fit. Jika merasa ngantuk atau lelah rest area di sepanjang jalan cocok untuk jadi tempat persinggahan sementara.

3. Bawa perbekalan secukupnya, ingat jangan pernah membawa bebang yang lebih (over load) karena tentunya dapat membahayakan anda, dan pengguna jalan lain. Dan jangan lupa membawa uang cash secukupnya saja, untuk keperluan selama berada di jalan.

4. Membawa peta untuk mencari jalur alternatif, bisa juga memanfaatkan teknologi. Banyak ponsel sekarang yang sudah didukung GPS dan mapping yang sempurna.

5. Patuhi peraturan lalu lintas, dan selalu safety riding. Saling menjaga ketertiban selama berkendara.

Itulah beberapa tips dari HRM semoga bermanfaat bagi anda yang akan mudik ke kampung halaman. Jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan….. 🙂

Iklan