Semakin seru memang kalau ngomongin CS1, “Domba Garut” seperti yang banyak dibilang orang di dunia maya. Kalau memang dilihat model CS1 ini 11-12 sama domba garut.:mrgreen: Mengawali debut pertamanya di pasar motor tanah air sejak tahun 2008. Lahir dengan motor bertajuk genre baru klaim Honda, dan akhirnya AHM pun memberi nama genre baru CS1 ini sebagai City Soprt (CS). Di awal tahun keluarnya, CS1 menggebrak pasar motor sport tanah air yang kala itu diperkuat oleh megapro lama dan tiger. Mengacu dari artikel saya sebelumnya yang bercerita kalau CS1 ini harus di reborn segera. Andai benar nantinya AHM akan mereborn CS1, seperti apa bentuknya? Monggo kita bahas!!:mrgreen:

Kalau dilihat dari genre sebelumnya yang bertajuk City Sport, alias motor sport yang memang ditujukan untuk penggunaan dalam kota (City). Nah pertanyaan yang muncul, apakah reborn CS1 nanti akan berevolusi menjadi murni sport atau malah kembali ke fitrah sebagai murni bebek? Kalau HRM analisa lebih dalam, dengan melihat keadaan CS1 yang sekarang ada, tidak mungkin AHM menyulap motor ini menjadi motor sport. IMHO secara desain rangka CS1 ini lebih dekat dengan DNA bebek underbone. Kalaupun memaksakan CS1 untuk menjadi motor sport, hal yang mungkin dilakukan adalah mengganti struktur rangka, dan HRM rasa pun itu tidak mungkin dilakukan AHM. Akan membutuhkan sumber daya yang lebih untuk mereborn produk macam CS1 ini.

Ada 2 pilihan yang mungkin akan dilakukan AHM untuk mereborn CS1 nantinya. Yang pertama adalah menjadi bebek underbone, layaknya pendahulu CS1 Nova Sonic. Ini lebih memungkinkan sekali bagi CS1, tinggal ganti baju saja sudah jadi. Masalahnya laku apa tidak kalau harga masih mahal, dan cuma ganti baju saja. Beda lagi kalau ada pembaruan di sektor mesin. Taruhlah naik menjadi 150 cc DOHC,terus dibumbui dengan teknologi PGM-FI khas Honda, kalau sudah begini beda lagi ceritanya. Harga tetap mesin tambah powerfull pasti laris manis.

Kemudian yang kedua adalah tetap mempertahankan genre City Sport, ataupun dual purpose. Karena mau tidak mau kita harus mengakui hanya CS1 ini yang bergenre City Sport. Kalau memang bersikeras mempertahankan genre ini, AHM harus bisa memberikan tampilan yang benar² fresh. Yang bisa membuat orang benar² terpikat, misal ganti saja bodynya mirip dengan Ducati Multistrada “Dual Purpose” pasti laku berat, apa lagi diimbangi mesin yang powerfull pula seperti yang HRM sebutkan di atas. Nih sebagai perkiraan, tengok hasil karya Cak Poer. Mungkin bisa mengilhami kita, ataupun AHM. Sekarang kembali lagi ke AHM mau di bawa kemana CS1 ini? Reborn pilihan 1, atau ke 2? Atau suntik mati? Monggo di unjuk:mrgreen:

Seandainya CS1 reborn seperti ini?