Bajaj dengan Pulsarnya memang sejak awal kehadirannya sudah membuat fenomena di dunia otomotif khususnya roda dua. Pasalnya Pulsar kala itu pertama hadir dengan membawa teknologi baru yang sekaligus juga mengusung revolusi di dunia otomotif roda dua. Bagaimana tidak Pulsar lahir dengan dukungan mesin berteknologi yang diberi nama oleh Bajaj sebagai DTS-i [Digital Twin Spark Ignition]. Dimana dalam satu piston menggunakan dua busi sekaligus,untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna serta pengefisiensian bahan bakar. Dan hasilnya memang sangat bagus, terbukti Pulsar dengan teknologi anyarnya ini sangat irit dibanding dengan motor dengan mesin konvensional pada umumnya.
Seiring dengan berjalannya waktu Pulsar pun berevolusi bentuk dan model, apalagi setelah Bajaj membeli sebagian besar saham KTM yang notabene adalah pabrikan motor Eropa yang lebih tepatnya di Austria. Hingga akhirnya muncul rumor Next Pulsar 2012 yang gambar spyshootnya sudah banyak beredar di dunia maya akan sedikit banyak beraroma KTM. Hal ini memang wajar HRM rasa, setidaknya dari Bajaj menguasai sebagian besar saham KTM tentunya akan menghasilkan suatu silangan budaya yang sangat menguntungkan bagi Bajaj itu sendiri.
Yang pasti tak semua teknologi KTM akan diadopsi oleh Bajaj, dan jujur saja HRM tak setuju dengan artikel yang diposting oleh dapurpacu disini. Di artikel itu dapur pacu mengungkapkan prediksinya, kalau Next Pulsar 2012 nanti akan menggunakan mesin KTM, bahkan Pulsar nanti bakal dipersenjatai mesin DOHC 4-Valve dipadukan dengan transmisi 6-speed. Woow, jauh sekali ya prediksi dapur pacu ini. Nah, jika kita kembalikan lagi Bajaj kan sudah mempunyai teknologi mesin sendiri yang dinamai DTS-i. Kalau menurut HRM tak mungkin sekali jika Pulsar 2012 akan murni menggunakan mesin KTM, logikanya Bajaj sudah bertahun² merintis sampai teknologi DTS-i nya diakui dunia pasti tak akan semerta-merta menghapus begitu saja dan menggantinya dengan mesin KTM. Boleh lha kalau cuma model, ataupun desain sasis mengadopsi milik KTM.
Tapi kalau urusan mesin, eitttss tunggu dulu. Bajaj pun pastinya tak seceroboh itu dengan langsung menyematkan mesin KTM di generasi anyar Pulsar nanti. Terus kalau semua berkiblat ke KTM, otomatis ciri khas dari Pulsar itu sendiri akan hilang. Kalau sudah begini sekalian saja ganti nama Bajaj ke KTM, tak usah pakai nama Bajaj sekalian. Lha wong semua pakai teknologi KTM, ya kan? Jadi kesimpulannya disini, Bajaj tak akan murni gunakan mesin KTM. Bagaimana pun Bajaj akan tetap mempertahankan teknologi DTS-i nya yang sudah diperjuangkan sekian tahun lamanya. Itu kalau menurut HRM bagaimana kalau menurut panjengan semuanya….???
woke
Ok
yang penting harganya masih terjangkau….
mesin ktm plus double busi dan tembolok gimana?
ga perlu injeksi, kan udeh lulus euro-3
itu sih gpp bro, yg penting kan masih ada ciri khas dari bajaj yang dipertahankan…
ujutes agoey…pokok-e harum–eh, murah 😆
http://aslimalang.wordpress.com/2011/12/17/akhirnya-sim-d-diterbitkan-juga/
Betul, mesin Pulsar 2012 itu perpaduan antara teknologi Bajaj dan KTM ;
– Satu silinder SOHC, 4 valves
– Twin sparks (DTSi)
– Oil cooled
– 6 speed.
betul kang dadang, masih harus ada donk dtsi- nya…
Wah gua gak stuju klo teryata entar Bajaj pulsar sama persis ma KTM Duke,. Entar Jd ngurangin nilai Gengsi dr KTM duke itu sndri, dan bsa sja orang yg tadinya mo beli KTM Duke jd urung Beli gara2 nilai Exlusive’nya terasa brkurang.
bener mas, nilai premium dari Duke sendiri jadi berkurang deh…. 🙂
kutunggu aj Full KTM, kita lihat mana yang lebih unggul, Bajaj kah or,.,., KTM Kah ,.,.
To be continue ,.,.
semoga saja 😀
manteb..
kalopun pake KTM, gak mentah2 di copy. tetep ada ciri khas pulsarnya..
ya harus dunk, bagaimana pun harus ada ciri khas yg dipertahankan…
wah pulsar ya pulsar…KTM ya KTM..hehee
klo kawin silang sih mungkin sajah..wkwkwkwk
http://setia1heri.wordpress.com/2011/12/19/ada-sim-d-untu…el-di-surabaya/
kwalitas di tinngkatkan,, Getarannya di hilangkan………….. 😀 😀
ane pikir mungkin saja pake mesin duke dikombinasikan dengan dtsi plus exhaustec