Sejak pertama kali rumor akan hadirnya Next Pulsar 2012 dihembuskan di dunia maya, sudah berkali² pula muncul spyshoot test ride jalanan motor ini. Bahkan pihak Bajaj Auto sendiri memang mengkonfirmasi akan lahirnya generasi terbaru Pulsar ini. Dan dalam beberapa hari terakhir muncul lagi spyshoot tentang Next Pulsar 2012 di dunia maya. Bedanya spyshoot kali ini lebih sedikit menyingkap tabir misteri Next Pulsar daripada spyshoot sebelumnya. Dalam spyshoot kali ini terlihat dengan jelas bentuk mesin yang tertanam di calon motor anyar Bajaj ini.

Dan yang mengejutkan di sini adalah, kalau kita mengamati lebih teliti mesin yang digunakan di Pulsar anyar ini lebih mirip ke mesin yang digunakan Duke daripada mesin yang lazim digunakan generasi Pulsar sebelumnya. Rupanya kawin silang ini telah terjadi juga. Masih dalam gambar kalau kita bandingkan dengan mesin Duke, maka mesin Pulsar anyar ini seakan beda tipis 11-12. Bahkan mungkin memang menggunakan mesin Duke, memang masih terlalu prematur untuk memvonis jika mesin yang digunakan adalah mesin Duke original. Walaupun begitu, kita punjuga masih belum begitu jelas berapa kapasitas total mesin yang akan digunakan Next Pulsar 2012 ini. Kok jika dilihat² sepertinya berkisar antara 150cc ke atas, IMHO.

Bagaimanapun kalau menurut HRM sendiri , masih berkeyakinan kalau mesin yang digunakan adalah hasil kawin silang teknologi Bajaj dan KTM bukan langsung mengadopsi mesin KTM. Dan kemungkinan terbesar menurut HRM mesin yang digunakan nanti tetap menggunakan teknologi DTS-i walaupun entah nanti sudah DOHC ataupun masih SOHC. Ingat Bajaj selama ini terkenal sebagai brand motor irit, dan keiritan motor Bajaj disupport dengan penggunaan teknologi DTS-i pada mesin motornya kan?

Terus beralih ke segi sasis, nampaknya kalau dari segi ini sah² saja bagi Bajaj untuk menyomot langsung desain sasis KTM. Walaupun dalam foto spyhoot tersebut belum terlalu jelas sasis apa yang dipakai Next Pulsar 2012 itu. Pantas saja lha, sebagian besar body motor ini ditutupi seperti terpal begitu. Tetapi kalau kita kalau mau lebih teliti lagi, di foto itu sedikit ada siluet yang mengara motor anyar Bajaj ini menggunakan sasis teralis layaknya Duke. Walaupun memang belum terlalu jelas, tetapi HRM sendiri yakin kalau sasis yang digunakan adalah sasis teralis persis seperti yang digunakan Duke. Ya memang semua masih misteri, namun tak ada salahnya juga kan kalau kita menganalisa seperti apa bentuknya motor ini. Hmmm, memang nampaknya Bajaj berusaha menyuguhkan motor yang “value for money” khas Bajaj dan namun “beraroma premium” khas KTM. Monggo, bagaimana kalau menurut panjengan semuanya… 🙂

Iklan