Mungkin tanpa saya menjelaskan lebih jauh anda sekalian pasti sudah paham dengan maksud judul artikel saya kali ini. Memang benar sekali kawan, di jalan raya maut lebih mengancam kaum pria daripada kaum wanita. Kok bisa? Memang dari sisi yang lain mestinya kaum wanita yang lebih rentan celaka daripada wanita. Karena kalau kita kembalikan lagi dari sisi teknis berkendara wanita masih minim sekali teknik safety riding dibandingkan dengan kaum pria. Yup walaupun memang tidak mutlak selamanya kaum wanita lebih minim pengetahuan berkendara daripada pria. Tapi memang faktanya yang seringkali saya temui di lingkungan sekitar saya adalah demikian adanya.

Belum lagi jika di jalan jika ada mobil yang ngawur, atau cara berbeloknya yang aneh pasti sedikit terlintas di pikiran kita, “ahhh pasti pengemudinya cewek!!”. Dan menurut saya itu wajar sekali, dan satu lagi di sini saya tidak mendiskreditkan cara berkendara wanita yang buruk. Memang fakta dari segi teknis berkendara seperti itu adanya, walaupun memang tak semua wanita memiliki kemampuan berkendara yang buruk. Kembali lagi ke bahasan di atas yang mengunkapkan maut lebih banyak mengancam kaum pria daripada kaum wanita,  maka beruntunglah para kaum wanita ini. Penyebabnya memang sepele, karena pria dalam berkendara lebih agresif dibanding wanita. Agresif di sini sudah meliputi banyak hal seperti tidak sabaran, mudah terpancing emosi, dan suka berkendara dengan “high risk”.


Hal ini tentunya sangat berbanding terbalik dengan sifat dan gaya wanita dalam berkendara. Pengendara wanita cenderung lebih sopan, lebih taat aturan, dan sangat menjauhi hal-hal yang beresiko tinggi di jalanan. Pengendara wanita masih mempunyai pikiran konvensional, seperti takut ditilang polisi makanya jarang sekali kaum wanita yang melanggar peraturan lalu lintas. Beda dengan kaum pria, yang lebih senang melanggar lalu lintas dan akan bangga jika berhasil menang menghindari kejaran petugas kepolisian yang akan menilang dia. Hal yang sangat lazim terjadi saya rasa di kalangan anak muda sekarang. Satu lagi, kaum pria terlebih lagi yang masih berumur muda ataupun berjiwa muda akan merasa terhormat, “jantan” apabila bisa mengalahkan lawan di jalanan. Tentunya hal ini akan menjadi cerita tersendiri yang patut dibanggakan di kalangannya. Ya itu lah memang fakta yang ada sekarang, kenapa maut lebih mengancam kaum pria daripada kaum wanita di jalanan. Monggo, bagaimana kalau menurut panjengan semuanya??? Semoga bermanfaat.

Iklan