Kawan semua pasti tak asing lagi jika di jalanan tentunya banyak sekali pengendara motor cewek yang seringkali menaruh barang bawaannya di setir motor ataupun cuma “dicangklong” di pundak seperti tas. Hal ini tanpa disadari sang pengendara kalau sebenarnya bisa memancing tindak kejahatan seperti jambret begal dan lainnya. Iya kalau cuma di jambret, di begal sih tak begitu masalah, lha kalau sampai (maaf) diperkosa bagaimana? Kalau kita mengingat jargon bang napi memang betul sekali, kejahatan bukan hanya niat pelakunya saja tapi juga karena ada kesempatan.

Artikel ini hanya sekedar sharing saja kawan, jadi ingat beberapa tahun yang lalu waktu masih mencari uang di Surabaya. Seorang teman saya menjadi korban penjambretan di jalan besar kota Surabaya, padahal kejadiaanya juga jam-jam berangkat kantor sekitar pukul 7an. Namun yang namanya penjahat, jam berapapun tak menjadi masalah asal ada kesempatan walaupun hanya beberapa menit saja. Naas buat teman saya, tas diambil dan motor yang ditumpanginya ditendang hingga jatuh. Rupanya memang itu sengaja dilakukan sang penjahat untuk menciptakan opini kalau sang korban hanya kecelakaan jatuh dari motor. Padahal bukan hanya itu, sang korban telah menjadi korban kejahatan jalanan tanpa orang tahu. Sedangkan orang-orang yang menolong hanya tak sadar kalau sang korban ini telah menjadi korban kejahatan, baru sadar setelah sang korban ditolong dan bercerita. Sang Penjahat? Entah sudah kemana, melacak jejaknya pun sudah sulit sekali.

Rossi aja mau nganterin maknya... :mrgreen:

Untuk itu, bagi pengendara cewek sebisa mungkin jangan menarik perhatian penjahat berlebih. Kalau bisa tas masukkan saja ke bagasi jika muat. Atau kalau tak terpaksa jangan “mencangklong” tas di bahu, karena hal ini rentan memancing kejahatan. Biasanya ibu rumah tanggapun sering melakukan hal ini. Usahakan melewati jalanan yang terbilang ramai, jangan sampai riding di jalanan yang terlihat sepi. Kalaupun harus terpaksa melintasi jalan sepi, usahakan berbarengan dengan pengendara lain. Lebih baik lagi jika ada teman yang bisa mengantarkan. Sadar tak sadar, pengendara motor cewek adalah sasaran empuk bagi penjahat jalanan. Waspadalah..!!

Iklan