Hmm, setelah beberapa lama pemberitaan rumor dan desas-desus tentang kemunculan next generation matik laris Yamaha yaitu si Mio, yang kabarnya akan mengusung teknologi injeksi. Akhirnya beberapa saat yang lalu Yamaha mulai mengenalkan produk matik injeksi barunya ini ke publik. Ya, motor matik generasi baru Mio ini memang ternyata masih mengusung ataupun menyandang nama kebesarannya. Alhasil Yamaha memberi nama Mio bermesin injeksi ini dengan nama Yamaha Mio J. Secara khusus, Yamaha Mio J mulai dikenalkan ke publik bersamaan dengan pengenalan produk matik lainnya yaitu Yamaha Mio Fino.

Walaupun secara resmi kedua motor ini belum di launching, namun sudah banyak foto kedua motor matik Yamaha ini tersebar di dunia maya. Jika kita perhatikan secara seksama, ada yang unik dengan penamaan Mio injeksi Yamaha ini. Kok diberi nama Mio J, padahal kalau cuma berdasarkan abjad kan banyak. Ada A-Z, kenapa kok tak diberi nama Mio A, atau mungkin Mio R dan lain sebagainya. Ternyata ada asal-usulnya kawan, kenapa Yamaha memberi nama Mio injeksi ini dengan nama Mio J. Kalau menurut M Abidin selaku Assistant GM Service Yamaha Indonesia seperti yang dilansir otomotifnet sebagai berikut.

“Yamaha Mio J menggunakan teknologi injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection atau yang sering disingkat dengan YMJET-FI, Nah, dari kata JET yang ada di tengah Yamaha Mixture JET-Fuel Injection inilah huruf “J” diambil. Huruf J ini digunakan sebagai nama belakang generasi Mio terbaru. Tentunya kata JET punya makna cepat atau berperforma baik.”

Memang generasi baru Mio kali ini telah dipersenjatai oleh Yamaha dengan mesin injeksi. Yamaha sendiri mengklaim teknologi YMJET-FI yang dimilikinya bertumpu pada 3 hal utama. Yaitu Fuel Efficiency, Performance, dan Emission. Kalau dijabarkan lebih lebar lagi mesin injeksi Yamaha ini bisa diartikan irit, performa baik dan pastinya ramah lingkungan. Hmmm, sepengertian HRM mesin injeksi ya memang seperti itu.  🙂

Iklan