Memang YIMM belum secara resmi mengenalkan Fino ke publik, namun beberapa hari yang waktu YIMM mengenalkan matik barunya ini di kalangan internal Yamaha sendiri. Sehingga tak heran jika dalam beberapa waktu belakangan ini foto² eksklusif Fino maupun Mio J begitu banyak beredar di dunia maya dan Blogsphere. Memang HRM setuju sekali dengan pendapat bro Cafebiker dalam artikelnya Strategi Tidak Biasa dari Yamaha, Antara TPT dan Pengenalan Produk . Memang kalau kita amati ada yang berbeda sekali dengan Yamaha kali ini, TPT saja belum keluar alias YIMM belum mendaftarkannya. Namun telah banyak sekali spyshoot yang beredar di dunia maya, hingga terakhir kemarin foto² eksklusif kedua jagoan baru ini.

Kalau dilihat memang sepertinya YIMM sengaja menerapkan strategi semacam ini, Yamaha sendiri pun sadar Fino lahir ditengah image yang tengah berkembang kalau lha matik retro adalah Scoopy yang notabene berindukkan rival terdekat Yamaha yaitu Honda. Memang HRM pun berpikir jika Fino lahir terlebih dulu tanpa pengenalan ke publik terlebih dahulu akan sangat sulit bagi Fino untuk meraih target pasar yang diinginkan. Jadi bisa dibilang kemunculan foto² eksklusif Fino akhir² adalah Soft Launching yang dilakukan YIMM. Nah, uniknya disini ternyata Fino itu sendiri akan luncur disini masih dengan embel² “Mio”. Memang kedengarannya jadi sedikit ganjil, motor matik bergenre klasik ini diberi nama “Mio Fino”.

Kalau kita amati lagi penggunaan nama Mio di Fino ini jelas sangat bertujuan sekali, ada misi di dalamnya yang diperhitungkan YIMM. Memang penamaan suatu produk menjadi penting sekali ketika akan launching suatu produk baru, dan menurut HRM pula hal ini sangat lazim sekali diterapkan di produsen manapun. Apalagi jika produknya ini nanti disiapkan Head to Head dengan produk segenre dan bermain di red ocean. Tentunya banyak strategi yang akan digunakan YIMM guna melawan dominasi Scoopy yang notabene sebagai first mover matik retro. Salah satunya penamaan dengan menggunakan nama produk yang terlebih dahulu melekat di mindset konsumen motor tanah air. Dan nama Mio itu lah yang dipilih YIMM untuk disematkan di Fino, jadilah Mio Fino yang siap bertempur dengan Scoopy di pasar retro matik. Ya wajar saja lha bagi HRM kalau Fino mendompleng popularitas Mio yang tak terbantahkan, lha wong produk anyar AHM macam Supra X Helm-In yang sudah jauh beda bentuk dengan Supra X 125 saja, masih menggunakan nama Supra juga kok. Bagaimana kalau menurut panjengan semuanya…???

Iklan