Tak sangka ternyata motor bermesin diesel itu ternyata ada juga ya kawan, padahal selama ini HRM mengira motor bermesin diesel itu tak ada. Tapi pada kenyataannya Track T800CDi Diesel, motor asal negeri kincir angin Belanda ini adalah salah satunya motor bermesin diesel yang dijual di eropa. Tak tanggung² pula ternyata, Track T800CDi Diesel ini dipersenjatai dengan mesin diesel yang dibuat dari Daimler-Benz, produsen mobil mewah seperti mercedez. Basis mesin Track T800CDi Diesel ini pun yang lazim digunakan di Smart Fortwo Diesel. Smart Fortwo Diesel adalah city car besutan Mercedez-Benz berkapasitas cc kecil dan cocok dipakai di perkotaan yang padat karena bentuknya yang mungil.

Back to topic, Track T800CDi Diesel memiliki konfigurasi mesin 3 silinder segaris. Tak lupa Daimlez-Benz melengkapi mesin ini dengan turbo yang disetting 1,25 bar. Dengan kompresi tinggi hingga 1:18, diraih tenaga 45 hp di putaran mesin hanya 4.500 rpm. Torsinya juga besar khas mesin diesel, mencapai 100 Nm di putaran mesin flat dari 1.800 sampai 4.500 rpm. Wow torsi yang besar memang sudah menjadi ciri khas mesin diesel, dan kalau meruntun penggunaan mesin diesel pada motor, maka sepertinya motor ini cocok digunakan sebagai motor penjelajah, trail, atau juga adventurer yang sanggup melibas semua trek² ekstrim. Nah hebatnya nih, pabrikan motor ini mengklaim 1 liter bahan bakar bisa digunakan melibas trek ekstrim sampai 21 km jauhnya. Kalau trek lurus biasa, 1 liter bahan bakar malah bisa digunakan sampai dengan 30 km. Hmm, lumayan irit lha untuk motor berkapasitas mesin besar.

Dan sepertinya pihak pabrikan sudah menyadari potensi mesin diesel ini, untuk itu motor ini pun disiapkan pula rangka turbular dari chromium molybdenum bergaya penjelajah untuk menampung mesin diesel tadi. Shock breaker depannya pun tak lupa diaplikasikan upside down berdiameter 48 mm. Penggunaan roda semi trail pun sepertinya menjadi alasan yang tepat dengan tipikal motor adventurer, dengan ban depan berdiameter 21 inci dan belakang 17 inci. Lanjut ke desain, hmm dari desain sedikit mengingatkan kita ke motor² beraroma adventurer lha seperti Yamaha Super Tenere. Untuk masalah harga, motor diesel handal ini di lego di Inggris dengan harga sekitar Rp. 232 jutaan. Hayo siapa yang mau bel, monggooo….


Iklan