Tahun 2012 jadi makin sebegitu dekatnya, tinggal beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2011 ini. Tahun 2012 sebagai tahun baru nanti, diperkirakan akan banyak sekali motor yang akan lahir di pasaran tanah air. Terhitung hampir semua pabrikan motor yang ada Indonesia ramai² menelurkan produknya. Dari mulai bebek, matic sampai ke sport kawan. Dan yang bikin mengkawatirkan bagi pabrikan kompetitor adalah langkah Honda, yang tak segan² akan membombardir pasar dengan mengeluarkan 5 produk barunya sekaligus di tahun 2012 nanti. Tampaknya memang Honda berniat menambah prosentase penguasaan market share roda dua tanah air.

Dari rumor yang berkembang pula salah satu dari kelima motor yang akan dibrojolkan Honda tahun depan adalah bergenre bebek sport. Well, nampaknya Honda ingin pula bermain kembali di segmen bebek sport kawan. Nah permasalahannya sekarang adalah bebek sport yang dimaksud itu seperti apa? Apa bebek sport seperti Honda Blade? Kok HRM lebih mengarah bebek sport yang dimaksud adalah menuju ke “ayam jago” ya? Seperti Honda Nova Sonic yang telah lama hilang dari jajaran motor Honda sejak beberapa tahun silam. Dan nampaknya Honda ingin menekuni lagi segmen bebek sport ini, berkaca dari sukses Suzuki dengan produk andalannya si Satria FU 150. Memang wajar HRM rasa, segmen ini boleh dibilang masih merupakan “Blue Ocean” . Pasalnya pemainnya hanya Satria FU saja yang menguasai, walaupun ada Kawasaki dengan Athlete yang tak mampu melawan kedigdayaan Suzuki.

Dan benar saja sepertinya Honda ingin menantang kedigdayaan Suzuki dengan menerjunkan produknya di segmen serupa. Dan bagi HRM sebaiknya memang Suzuki harus mulai bersiap dari sekarang akan serangan dari Honda. Bagaimanapun segmen pasar yang sekarang masih dikuasai Satria FU, merupakan pasar yang menggiurkan bagi Honda untuk mewujudkan penguasaan pasar di semua segmen motor. Namun yang perlu diingat oleh Honda, tak mudah menggulingkan singgasana Satria FU begitu saja. Ada syarat miminum yang harus dipenuhi oleh Honda melalui produknya nanti. Paling tidak spesifikasi minimal yang harus dimiliki “jagoan” nya nanti adalah sama dengan spesifikasi Satria FU. 2 hal utama yang harus dipenuhi adalah sisi performance dan harga. Karena apa? owner Satria FU rata² adalah speed freak, jadi Honda paling tidak harus mempersenjatai mesin jagoannya nanti DOHC pula layaknya Satria FU. Dan yang penting sekali adalah harga yang bersaing. Kalau kedua syarat ini bisa dipenuhi oleh Honda, baru Suzuki harus ekstra waspada dengan ancaman Honda. Monggo kalau menurut panjengan semua bagaimana…??

Iklan