Beberapa hari terakhir muncul spyshoot² tentang “The Next Pulsar 2012”, dari tampilannya sih terbilang oke banget kawan. Bagaimana tidak lha wong di spyshoot Pulsar baru itu ada beberapa sentuhan khas KTM yang terasa, secara Bajaj memiliki saham yang terbilang besar di KTM. Jadi mau tidak mau perkawinan dua budaya yang beda latar belakang pun kian terasa pula di spyshoot Next Pulsar itu. Bahkan dari rumor yang beredar sendiri itu, terbilang kubikasi motor dalam spyshoot itu diperkirakan di kisaran 125 hingga 150cc.

Kalau pemikiran HRM sih kubikasi motor dalam foto itu 150cc,secara perkiraan HRM tahun 2012 adalah trend motor sport dengan kubikasi 150cc kawan. Coba kalau kita ingat kembali, sudah berapa pabrikan motor yang menghembuskan rumor akan membrojolkan motor sportnya dengan kubikas 150cc.  Sudah ada Honda yang ancang² dengan motor teralis 150 cc, Kawasaki dengan facelift Ninjanya,KTM dengan Duke 150, dan tak ketinggalan Minerva pun juga tengah menyiapkan motor sport 150cc-nya.

Kalau seperti ini, ya mana tahaaannn???

Coba kalau nanti motor dalam spyshoot itu nanti hadir pula di tanah air dengan kubikasi tepat 150cc mengikuti trend. Soalnya bagaimanapun BAI berkemungkinan besar ikut menghadirkan Next Pulsar ini ke tanah air. Nah jika benar BAI memboyongnya kemari, mau tak mau pasti akan ada produknya yang harus dieksekusi mati, kalau tak begitu BAI sendiri pasti akan sulit dalam positioning harganya. Dengan kata lain, jika tetap memaksakan tak mengakhiri salah satu produknya, bisa HRM jamin akan mati dengan sendirinya. Kalau analisa dari HRM, yang berkemungkinan besar di eksekusi mati adalah Pulsar 180. Memang ini adalah langkah yang sulit bagi BAI tapi bagaimanapun juga langkah ini harus diambil sebagai jalan untuk menjaga eksistensi motor Bajaj di sini.

atau seperti ini??

Seperti yang kita tahu produk Pulsar di sini ada 3 varian, P135 dengan 14 jutaan, P180 dengan 17 jutaan dan P220 dengan 21 jutaan. Nah logisnya jika Next Pulsar itu berkubikasi 150cc, tentunya P180 lha yang akan dikorbankan. Secara membunuh P135 tak mungkin dilakukan, karena kita tahu sendiri P135 adalah tulang punggung Bajaj sebagai entry level. Kalau mau egois dengan tak membunuh P180 tak masalah, katakanlah Pulsar baru itu ditaruh di harga 15-16 dengan model dan desain yang terbilang benar² fresh plus sentuhan KTM yang eksotis. HRM yakin P180 pun akan mati dengan sendirinya. Kalaupun ditaruh di posisi harga lebih mahal dari P180 kecil sekali kemungkinannya, dan masih saja tetap sama P180 akan mati juga.  Beda lagi kalau kubikasi mesinnya itu 200 cc, ini malah lebih memudahkan BAI dalam mengisi kekosongan posisi setelah ditinggal mati P200. Bagaimana kalau menurut panjengan semuanya… 🙂

Iklan