FGR adalah pabrikan motor asal Ceko, yang menjadi masalah disini adalah bukan darimana asal pabrikan ini berasal. Yang jadi masalah adalah ide pengembangan  motor “Gila” ini. Bagaimana tidak gila, motor bergenre 2.5 liter street fighter naked ini mengusung mesin berkapasitas total sampai dengan 2,442 cc. Nah lho, Kijang Inova aja lewat bung. Ternyata yang bikiny shock lagi adalah proyek motor gila ini disupport penuh oleh Kementrian Departemen Perindustrian dan Perdagangan Ceko. Alhasil yah brojol lha produk Midalu FGR 2500 V6 ini.

Desain body motor ini kalau kita ingat sekilas pasti tertuju ke pabrikan tetangga sebelah, yup desain bodynya mirip banget sama Ducati Diavel. Plus dengan rangka teralis yang lazim dipakai motor lansiran Italia, Nah uniknya menurut FGR sendiri, kenapa desain bodynya lebih mengarah dibuat naked daripada ke fairing. Simpel saja bung ternyata masalahnya, sengaja dibuat naked biar orang tahu kalau mesin yang dibawa motor ini bukan mesin sembarangan.

Ya mesti lha gak mesin sembarangan, lha wong konfigurasi mesinnya edyyyaaannn kaya gitu. Mesin yang digunakan adalah mesin berkonfigurasi 90° V6 dengan kapasitas total 2,442 cc berpendingin air.  Yang bikin kita bisa gila adalah tenaga yang dihasilkan dari mesin motor ini mencapai 240 hp dan bertorsi maksimum di 200 Nm. Woggghhh, pasti sensasinya bukan lagi dijambak setan, tapi sudah mengarah dijambak ke malaikat maut. :mrgreen: . Dan hasilnya memang yahuudd, FGR mengklaim akselarasi motor ini 0-100kpj hanya butuh waktu 2,5 detik saja. Dan top speed yang dihasilkan pun juga sama gilanya, yaitu mencapai 320 kpj.  Untuk konsumsi bahan bakar, malah bisa tambah gila 1 liter bahan bakar hanya dapat digunakan sampai 12,5 km saja alias 1:12,5 . 😯

Nih spesifikasinya…

Engine
Engine: four-stroke liquid cooled six-cylinder, V 90°
Displacement: 2442 cm 3
Bore/stroke: 90mm / 64 mm
Compression: 9,9 : 1
Distribution/valve train: DOHC / 4
Fuel supply system: electronic injection
Gearbox: 6 speed
Clutch: anti-hopping, 12 discs

Chassis
Frame: steel tube truss with combined holder for composite fuel tank
Swinging fork: milled from 7022 material, welded
Front suspension: fully adjustable USD Ohlins 43mm forks, 120mm stroke, FGT Kits
Rear suspension: fully adjustable Ohlins 46mm central spring unit, 78mm stroke
Front tyre: 120 / 70 – ZR17
Rear tyre: 200 / 50 – ZR17
Front brake: dual discs 320mm/four piston radial Brembo Racing
Rear brake:disc 215mm, four piston radial Brembo Racing

Dimensions
Wheelbase: 1527 mm
Rake: 24 degrees
Trail: 132 mm
Seat height: 780 mm
Fuel capacity: 18,5 l
Dry weight: 270 kg

Iklan