Malang benar memang nasib pabrikan motor asal negeri sakura satu ini, di tengah kompetitor yang lain sedang menguji dan melakukan serangkain tes motor baru untuk MotoGP musim depan. Malah Suzuki dinyatakan mengundurkan diri, karena sampai saat ini tidak kunjung memberikan konfirmasi akan keikutsertaannya di musim mendatang. Padahal kalau kita cermati sebenarnya motor Suzuki ini nanti di musim depan sedikt banyak akan bisa memberikan perlawanan yang maksimal untuk kompetitornya.


Ironisnya lagi, di saat musim kemarin 2011 Suzuki telah menempelkan tagline yang notabene berbahasa Indonesia bertajuk “tantang”. Padahal kalau HRM menilai efek psikologi “tantang” ini besar sekali bagi tim Suzuki, layaknya Honda dengan “satu hati” dan Yamaha dengan “semakin di depan”. Apakah ini berarti akan berimbas juga ke market motor Suzuki di tanah air? Menurut HRM ada imbas yang akan ditimbulkan  dari mundurnya Suzuki dari MotoGP, secara kalau kita lihat ajang balap MotoGP adalah ajang balap motor paling bergengsi di muka bumi.

Secara tidak langsung, ajang MotoGP adalah pencitraan pabrikan motor di seluruh dunia. Tak heran jika salah satu pabrikan motor memenangkan gelar Juara Dunia pasti berimbas pula pada pengangkatan citra dan secara tidak langsung ikut mempengaruhi penjualan merk motor itu sendiri. Taruhlah contoh seperti Honda dan Yamaha yang sangat terbantu dengan image dari MotoGP. Bahkan sampai ajang iklan ataupun promosi mereka rela mengundang rider MotoGP yang membela panji² merk mereka. Dan alhasil memang akan sangat mendongkrak penjualan motor mereka.Memang ada satu rumor lagi, walaupun belum tentu juga kebenaran rumor itu. Tentang akan kembalinya Suzuki di ajang MotoGP di tahun 2014 nanti. Ya semoga saja Suzuki segera menyelesaikan berbagai masalah yang membelit tubuhnya, sehingga Suzuki bisa hadir kembali dan akan kembali “tantang” kompetitor lainnya…..

Iklan