Setelah kemarin ada rumor baru tentang pabrikan bersayap mengepak alias Honda yang akan membrojolkan motor sportnya di tahun depan seperti pada artikel HRM sebelumnya disini. Rumor itu pun datang dari sumber yang bisa dibilang tidak rece, rumor ini dihembuskan oleh media online otomotif yaitu dapurpacu. Di situ disebutkan Honda tengah serius menggodok 3 motor sport baru yang akan dilempar ke pasar pada tahun depan.

Nah yang menarik disini dan sangat perlu dicermati adalah, dapurpacu menyebutkan Honda tengah bersiap menyajikan motor sport fairing guna untuk melawan motor asal pabrikan garputala yaitu YZF-R15. Lha kok aneh yah? Oke kita mulai saja analisanya, namun yang perlu diingat analisa ini berlaku jika rumor ini benar. Kalau analisa HRM yang pertama sebetulnya Honda tidak perlu separanoid itu dengan menyiapkan musuh bagi R15. Secara kebenaran secara mutlak akan datangnya R15 ke Indonesia itu sendiri masih kabur. Bahkan YMKI selaku ATPM resmi Yamaha di Indonesia mengungkapkan sebagai berikut:

“Saya bisa tekankan bahwa itu R15 baru sebatas dipikirkan. Tapi saya garisbawahi jangan ditunggu kehadirannya. Kami masih fokus dengan varian sport yang ada, dan tidak ingin gegabah mengeluarkan produk baru karena hanya pabrikan lain sudah punya kelas 250″

Nah, coba kita baca dan cermati ucapan Mr. Eko Prabowo selaku General Manager Promotion & Marketing YMKI di atas. R15 hanya sekedar bahan pikiran saja, dan belum dipertimbangkan apalagi didatangkan. Sehingga kalau HRM boleh menggarisbawahi kemungkinan R15 datang ke tanah air kalau diambil angka persen hanya sekitar 10% saja.

Terus yang kedua, jikalau memang benar YMKI akan menghadirkan R15 ke tanah air di tahun depan. Kenapa harus buru² menghadirkan motor sport tandingan guna melawan R15. Kalau AHM sampai bertindak seperti ini, berarti AHM kurang “pede” dengan punggawa motor sport fairing yang dimiliki sekarang. Dalam hal ini adalah All New CBR 150, yang notabene bisa dibilang sekelas dengan R15. Terus kalau sampai info ini benar, AHM tengah menyiapkan motor tandingan R15 yang perlu dipertanyakan adalah ada apa dengan All New CBR 150? Apakah AHM kurang “pede” dengan All New CBR 150 sampai harus mengeluarkan produk baru untuk melawan R15? Ataukah AHM sendiri sadar kalau All New CBR 150 tak mampu melawan R15? Hmmm, entahlah…. Bagaimana kalau menurut panjengan semuanya.. ??? 🙂

Iklan