BMW pabrikan otomotif asal Jerman ini ternyata tak hanya piawai membuat mobil yang terkesan elegan dan mewah, tapi ternyata juga handal menciptakan motor Superbike yang patut ditakuti. BMW S1000RR, pertama kali diluncurkan di era 2009 langsung seketika membuat pabrikan lain yang biasa memproduksi Superbike. Pasalnya performa motor bongsor ini tangguh sekali, bahkan mungkin paling tangguh dari yang sudah ada sebelumnya. Di tahun 2012 in S1000RR tampil dengan desain dan performa mesin yang benar² “bengis” plus juga fitur yang terbilang “hi-tech”. Dari segi tampilan pun tak kalah bengisnya dengan performa mesin.

Rasanya julukan  “Megalodon” ini terasa pantas disandang motor keluaran BMW ini, dengan sumber daya yang dimilikinya seakan siap memburu dan memakan mangsanya hidup².  Dari desain tampilan, BMW S1000RR 2012 ini sangat menarik. Bagian kepala depan pada cover dibuat lebih lancip, plus suguhan headlamp yang dibuat asimetris membuat motor ini terkesan sangat misterius. Wheelbase lebih pendek mengikuti chassis baru, yang memiliki fitur asupan udara 20 persen lebih besar melalui headstock, untuk meningkatkan performa motor. Dengan bekal mesin 1000cc bersilinder 4 sejajar, motor ini mampu menghasilkan power puncak sampai dengan 193hp@13.000rpm dan torsi maksimal mencapai 128nm@9750 rpm. Tak heran jika majalah sport Autodesign menganugrahi motor ini sebagai motor superbike tercepat.

Fitur yang disuguhkan pun tak kalah handalnya dari performa mesin.Jka di versi sebelumnya BMW hanya menyediakan empat mode berkendara, hujan, sport, race dan slick. Di versi baru ini sekarang  ada dua mode hujan dengan bukaan gas yang lembut, sementara tiga mode lainnya masih sama. Power mesin dalam modus hujan meningkat dari 152hp untuk 163 hp. Percepatan transmisi lebih baik dengan tambahan ada gigi ekstra pada sproket belakang. Shock belakang dan spring pun mengalami perubahan, garpu depan up-side down, dan tersedia steering damper baru dengan sepuluh step pengaturan. Lampu pada panel instrument bisa diatur, dan ada indikator kecepatan tertinggi. Nah yang menarik di motor ini adalah  fungsi speedwarning, dimana kita bisa mensetting batas kecepatan yang akan kita pergunakan sehingga bahan bakar bisa lebih hemat sesuai dengan kebutuhan.

Iklan