Miris memang melihat langkah Yamaha akhir² ini, seakan terjadi kemunduran yang signifikan. Ditengah gempuran tetangga sebelah dengan berbagai “menu baru”, eh lha kok si Yamaha ini tenang² saja. Tak ada langkah nyata yang fenomenal untuk menahan serangan tetangga sebelah yang teridentifikasi adalah siapa lagi kalau bukan Honda. Denga berbagai isu ataupun rumor tentang Honda dan persiapannya menuju tahun 2012. Yamaha seakan tak gentar dengan berbagai rumor di blogsphere. Yang Vixion Killer lha, yang apa lha, toh Yamaha tetap santai menanggapi berbagai rumor itu.

Setelah kemarin mengumumkan New Scorpio Z akan dipermak dengan warna dan striping baru serta pengaplikasian fitur AHO di dalamnya. Semakin menguatkan pernyataan Mr. Eko Prabowo selaku General Manager Promotion & Marketing YMKI, coba saja lihat kutipan berikut:

“Saya bisa tekankan bahwa itu R15 baru sebatas dipikirkan. Tapi saya garisbawahi jangan ditunggu kehadirannya. Kami masih fokus dengan varian sport yang ada, dan tidak ingin gegabah mengeluarkan produk baru karena hanya pabrikan lain sudah punya kelas 250″

Apa yang bisa kita cerna dari pernyataan di atas? Disitu kalau kita telaah lebih jauh, Yamaha nampaknya sangat puas dengan varian sport yang ada sekarang. Dengan kata lain tak ingin neko² untuk saat ini mendatangkan R15 ke tanah air. Padahal Honda dengan rumor tentang pembunuh Vixion yang jika menjadi kenyataan, apa tidak meruntuhkan line up yang ada sekarang? Memang sulit menggoyang dominasi Vixion yang menguasai pasar motor sport tanah air. Tetapi apa tidak juga lebih bagus kalau Yamaha menyiapkan “Plan B” katakan lha seperti itu, apabila keadaan berubah menjadi tidak bersahabat dengan datangnya pembunuh dari Honda. Terlepas dari benar atau tidak rumor itu nantinya. Padahal kalau YMKI sedikit mau berpikir panjang dengan mendatangkan R15 ke tanah air bisa jadi ini adalah langkah fenomenal yang ditunggu oleh biker enthusiast di sini.

Coba kalau kita lihat lagi, langkah apa yang telah diambil Yamaha sejauh ini guna menatap tahun depan. Byson yang akan mengalami perubahan warna dan striping baru serta ada sedikit pembaruan di sektor wajah, kemudian juga rumor Vixion yang akan mengalami minor change dengan penambahan RDB dan speedomoeter digital CMIIW. Dan yang terakhir sang induk semang motor Sport, si “Pio” juga sebelas duabelas dengan Byson. Memang ke tiga motor sport yang mengisi line up motor sport Yamaha ini mengalami penyegaran. Tapi apa tidak lebih baik jika menghadirkan motor yang benar² fresh. Tentunya konsumen kita pasti juga menginginkan hal tersebut kan? Kalau misal anda ditanya, pilih mana motor yang benar² baru atau hanya sekedar penyegaran saja? Monggo bagaimana kalau menurut panjengan semuanya…???

Iklan