Memang sih segala sesuatu kalau sudah berhubungan dengan yang namanya safety mau ga mau pasti juga akan berhubungan dengan ribet. Ya namanya saja mau selamat, toh juga akan dibenturkan dengan segala macam peralatan guna menunjang keamanan itu sendiri. Contoh mudah saja di sekitar kita, kalau kita mau lingkungan kita aman, entah itu dari maling rampok atau bahkan mungkin kebakaran kita pasti akan direpotkan dengan ronda malam dan semacamnya. Pengen motor aman, ya harus mau repot ngunci motor, baik satu ataupun lebih kuncinya. Makin banyak kunci makin aman. Di pabrik yang menggunakan standarisasi K3 pasti juga akan berlaku hal yang sama, seperti mewajibkan memakai helm dll. Toh juga setiap pabrik pasti memiliki standarisasi keamanan sendiri², yang ujung²nya karyawan direpotkan dengan berbagai macam aturan keselamatan.

Hal itu pun juga berlaku dalam berkendara, pengen safety dalam berkendara ya kita mau ga mau juga harus ribet dengan memasang beberapa perlengkapan safety riding gear. Biasanya tanpa perlengkapan bisa langsung jalan, kalau pengen aman yang kita juga harus meluangkan sedikit menit kita untuk memasang riding gear yang aman. Coba saja perlengkapan seperti knee protector, hand guard, dan jaket riding. Pasti kesemuanya kalau mau kita pasang di tubuh kita, akan sedikit memakan waktu. Tapi waktu yang termakan saat kita memasang semua perlengkapan keamanan ini, memang sepadan dengan keamanan berkendara yang kita dapatkan. Yang perlu diingat juga, walaupun kita sudah memakai perlengkapan seperti ini tetapi bukan berarti kita boleh ugal²an di jalan. Mentang² sudah merasa aman terus malah ugal²an di jalan yang beresiko mengakibatkan kecelakaan bagi dirinya sendiri bahkan mungkin orang lain.

Kesimpulannya semua pilihan ada pada anda sendiri para biker mania, pilih aman dengan segala keribetannya, atau malah pilih simple yang belum tentu terjamin keamananya? Ya semua dikembalikan ke pribadi masing² lha, toh juga semua ada untung dan ruginya masing². Pokoknya kalau menurut HRM, semua yang berhubungan dengan keamanan pasti ribet deh. Tapi bagaimanapun juga. “MENDING RIBET, TAPI SELAMET” Monggo pilih mana…???

Iklan