Setelah beberapa hari kemarin KTM Malaysia secara resmi meluncurkan KTM Duke 200, yang akhirnya menimbulkan gejolak² kecil biker tanah air tentang berapa harga KTM Duke 200 yang dibandrol oleh KTM Malaysia ini. Akhirnya waktu HRM jalan di blog kang IWB, terjawab sudah penasaran kita selama ini tentang harga pasar KTM Duke 200. Akhirnya secara resmi KTM Malaysia mengkonfirmasi harga KTM Duke 200 adalah sekitar 15,000-18,000 RM atau kalau di rupiahkan menjadi sekitar 41 jutaan. Harga memang bisa sedikit lebih murah, soalnya KTM Duke 200 ini rencananya tidak didatangkan secara CBU melainkan akan dirakit di Malaysia alias CKD.

CKD? Wow,dari informasi kang asmarantaka, ternyata KTM memiliki pabrik perakitan di Malaysia. Waduh beruntung memang Malaysia, KTM sampai² mau mendirikan pabrik perakitan di negaranya. Coba saja kita analisa lagi, dengan adanya pabrik perakitan sendiri di Malaysia otomatis harga akan bisa ditekan jika dibandingkan dengan mendatangkan langsung secara CBU. Diimpor melalui ATPM resmi saja akan menghasilkan angka cost yang tinggi, apalagi kalau didatangkan oleh importir umum seperti kasus KTM Duke 125 yang akan dihadirkan di Indonesia. Melalui IU terhitung perkiraan harga KTM Duke yang akan di lego di Indonesia menjadi sekitar 60-70jutaan.

Coba saja lihat berapa selisih harga yang terjadi nantinya antara CKD di Malaysia untuk KTM Duke 200 dan CBU IU pula untuk KTM Duke 125  di Indonesia. Terpaut selisih sebesar 19 juta, selisih harga yang terbilang besar untuk ukuran mayoritas kita. Mungkin saja memang bisa KTM Malaysia meminimalisir harga sampai seminim mungkin, toh kan juga banyak cara. Toh juga KTM Duke 200 beda peruntukan dengan KTM Duke 125, yang notabene KTM Duke 200 tidak di jual di Pasar Eropa. Terus bagaimana dengan nasib kita, ya sepertinya kita memang agak terlupakan. Walaupun nantinya memang akan ada rencana KTM Duke 125 didatangkan oleh IU, tapi bagi kebanyakan orang bisa dipastikan akan kesulitan memilikinya seperti saya :mrgreen:.  Nunggu PT.BAI pun juga pasti lama, lha wong PT.BAI sendiri aja masih bingung ngurusi 3S-nya yang tak kunjung selesai. Ya sudah bagi para biker tanah air yang ngiler sama motor “dewa” ini, sudah kita nonton saja jangan berharap lebih…. :mrgreen:

 

gambar² dari kang IWB dan kang Asmarantaka, maturunuwun 🙂

Iklan