Kalau kita lihat sepintas motor ini memang terasa luc dan imut, body yang kecil namun menggemaskan. Itulah Honda Motocompo, skuter yang sengaja diciptakan untuk digunakan di perkotaan. Honda menjual skuter yang biasa disebut Trunk Bike ini sejak November 1981 sampai dengan 1983, dan saat rentang waktu itu Honda mengklain telah berhasil menjual Motocompo sebanyak 53.369 unit.


Tujuan Motocompo sendiri dibuat menurut Honda adalah bertujuan agar bisa diangkut dengan mudah di Bagasi Honda City. Konon Motocompo merupakan paket yang dibuat Honda untuk mendampingi Honda City. Benar saja Motocompo hanya berdimensi tinggi 910 mm, lebar 535 mm dan panjang 1.185 mm. Sehingga pas untuk dimasukkan ke bagasi Honda City. Moto compo hanya berbobot 42 kg. Mesin AB12E 2-tak berkapasitas 49 cc cuma menghasilkan tenaga 2,5 hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi 0,38 kg-m pada 4.500 rpm. Dengan transmisi otomatis 1-speed, Motocompo hanya membutuhkan konsumsi bensin 70 km/liter pada kecepatan rata-rata 30 km/jam.


Nah yang menariknya, Motocompo sendiri berdesain unik. Bentuknya secara keseluruhan seperti sebuah bok perkakas perbengkelan. Dengan setang dan jok yang dapat dilipat, aksi Motocompo menciptakan impresi baru sebuah skuter di masanya. Hmmm benar² skuter yang lucu nan imut ya.. 🙂

Iklan