Asiiikk, sudah hari minggu lagi ini kawan. Hari minggu waktunya artikel wisata cuy, minggi kali ini HRM masih tetap posting artikel tempat wisata sejarah. Khususnya di tempat HRM tinggal, yaitu Mojokerto. Bicara tentang Mojokerto pasti tak lepas dari image Kerajaan Mojopahit. Kerajaan besar jaman dahulu yang hampir menguasai semua Asia Tenggara. Kerajaan Mojopahit sendiri sebenarnya didirikan oleh seorang pria keturunan Kerajaan Singosari yang bernama Raden Wijaya. Pada tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 Saka atau kalau dalam tanggal masehi tepat 12 November 1293.

Sejak itu lha Kerajaan Mojopahit mulai dikenal, Kerajaan Mojopahit sendiri mengalami masa keemasan saat berada di tampuk kekuasaan Hayam Wuruk dengan Mahapatihnya yang terkenal yaitu Mahapatih Gajah Mada. Nah di tempat wisata sejarah ini, konon adalah tempat petilasan dan juga makam Raja Pendiri Kerajaan Mojopahit yaitu Raden Wijaya. Situs makan ini bernama “Siti Inggil”. Tak banyak referensi yang bisa HRM dapatkan untuk situs bersejarah ini.

Di depan makam Raden Wijaya ini juga bersemayam Kyai Sapu Jagat dan Kyai Sapu Angin, tidak ada informasi yang jelas mengenai kedua makam ini. Pastinya malah membuat makam ini semakin keramat saja. Kalau kita amati ada yang aneh dengan makam ini, makam ini sangat khas dan kental dengan nuansa Islam padahal Raden Wijaya sendiri adalah Raja Hindu. Menurut sumber yang HRM temui, makam di sini hanya berupa simbol saja. Di dalamnya tak benar² ada jenazah Raden Wijaya. Menurut sumber yang lain mengatakan, Siti Inggil ini hanya tempat petilasan dan pertapaan Raden Wijaya saja. Raden Wijaya meninggal tak meninggalkan jenazah alias “mukso”. Woww semakin menjadi misteri saja situs Siti Inggil ini. Ayo siapa yang penasaran, monggo mampir ke sini…. :)

About these ads